Sugíh ómóng kanggo nggayêngakê pasamuwan pancèn apík.
Nangíng ngómóng múng golèk suwurê awakê dhêwê sók kêtrucút miyak wêwadinê dhêwê.
Pirå baê cacahê wóng kang kêplèsèt uripê múng margå sukå anggónê sugíh ómóng.
Mulå sabêcik-bêcikê wóng iku ora kåyå wóng kang mênêng.
Nangíng mênêngê wóng kang darbê bóbót kang antêb síng biså dadi panjujuganê pårå pawóngan kang mbutúhakê rêmbúg lan pitudúh.
TIDAK SETIAP DIAM ITU EMAS
(Banyak
bicara untuk menghidupkan suasana pertemuan memang baik, namun bicara
hanya untuk mencari perhatian dan simpati pada diri sendiri, akan sering
lepas kontrol dan membuka aib diri sendiri. Sudah seberapapun orang
terpeleset hidupnya hanya gara-gara gemar membual. Maka sebaik-baiknya
orang itu bukan seperti orang yang diam, namun diamnya orang yang
memiliki bobot yang dapat menjadi tempat yang tepat bagi orang yang
membutuhkan nasehat dan petunjuk)
Kaidah 7
Ing jagadíng sêsrawungan mono nyirík marang sêsipatan kang gumêdhê lan wêwatakan kang tansah ngêgúngakê dhiri.
Sipat lan wêwatakan mau adhakanê banjúr nuwúhakê råså ora lilå yèn nyipati ånå liyan síng luwíh katimbang dhèwèkê.
Mulå
saibå bêcikê samångså såpå kang rumangsa pintêr dhêwê, sugíh dhêwê, lan
kuwåså dhêwê iku gêlêma nglaras dhiri lan nglêrêmakê cíptanê kang
wêning, yèn sêjatinê isíh ånå manèh kang Måhå Pintêr, Måhå Sugih, lan
Måhå Luhúr.
Klawan mangkono råså pangråså dumèh lan takabúr kang dadi sandhungan pasrawungan biså sumingkír.
MERASA DIRI PALING ADALAH PINTU KEHANCURAN
(Dalam
dunia pergaulan seyogyanya menghindari sifat sombong dan watak yang
selalu membesar-besarkan diri sendiri. Sifat dan watak tersebut biasanya
menimbulkan perasaan tidak rela jika menemukan orang lain yang lebih
dari dirinya. Maka alangkah baiknya bilamana siapapun yang merasa paling
pinter, paling kaya, dan paling berkuasa hendaklah mengendapkan hati,
mengheningkan cipta, bahwa sebenarnya masih ada lagi yang Maha Pandai,
Yang Maha Kaya, Yang Maha Tinggi. Dengan begitu sikap mentang-mentang dan takabur yang menjadi batu sandungan dalam pergaulan akan menyingkir).
Kaidah 8
Luwih
bêcík makarti tanpå sabåwå kang anjóg marang karahayóníng bêbrayan,
katimbang tumindakê wóng kang rêkanê nindakakê panggawê luhúr nangíng
disambi udúr.
Yêktinê
tåtå têntrêm iku ora bakal biså kagayúh yèn tå ora adhêdhasar
kêrukunan, dênê kêrukunan iku múng biså kêcandhak yèn siji lan sijinê
pådhå biså aji-ingajènan lan móng-kinêmóng.
KASIH SAYANG ADALAH KUNCI KESUKSESAN
(Lebih
baik bekerja tanpa perilaku yang dapat merusak keharmonisan pergaulan,
daripada tindakan orang yang maksudnya melaksanakan perbuatan mulia
tetapi sambil bertengkar. Sebenarnya ketentraman itu tidak akan terwujud
bila tanpa didasari kerukunan, sedangkan kerukunan itu hanya bisa
diciptakan jika satu sama lain saling hormat menghormati dan
asih-mengasihi).
Kaidah 9
Yèn
atimu wis gilíg arêp gawé kabêcikan kanggo karaharjaníng bêbrayan,
bêratên råså uwas marang pandakwå ålå kang ora nyåtå. Srananånå kanthi
jêmbaríng dhådhå lan sabaríng nålå, amríh bisa nuwúhaké gêdhéníng
prabåwå lan cabaríng sakèhíng piålå.
MENGATASI TUDUHAN BURUK
(Bila
hatimu sudah bertekat bulat akan berbuat kebaikan untuk kesejahteraan
dalam kehidupan bermasyarakat, jangan hiraukan kekhawatiran akan tuduhan
buruk yang tidak benar. Landasilah dirimu dengan dada yang lapang, hati
yang sabar, supaya dapat menumbuhkan besarnya wibawa dan sirnanya semua
keburukan)
Kaidah 10
Wicårå
kang wêtuné kanthi tinåtå runtút kang awujúd sêsulúh kang amót piwulang
bêcík, ajiné pancèn ngungkuli mas picís råjåbrånå, biså nggugah budi
lan nguripaké pikír. Nangíng kawuningånå yèn grêngsênging pikír lan
uripíng jiwå iku ora biså yèn múng kagugah sarånå wicårå baé.
Kang wigati yaiku wicårå kang måwå tandang minångkå tulådhå.
Jêr tulådhå mono síng biså nuwúhaké kapitayan.
Luwíh-luwíh mungguhíng pårå manggalaníng pråjå kang wís pinracåyå ngêmbani nuså lan bångså.
NASEHAT TERBAIK ADALAH PERBUATAN
(Tutur
kata yang keluar secara tertata runtut yang berupa nasehat tentang
ajaran yang baik, nilainya memang melebihi emas perhiasan, dapat
menggugah budipekerti dan menghidupkan fikiran. Tapi perhatikanlah,
bahwa semangat berfikir dan hidupnya jiwa itu tidak dapat hanya sekedar
dibangun melalui tutur kata saja. Yang lebih penting yakni tutur kata
yang dibarengi perbuatan sebagai suri tauladan)
Bersambung,....
Bersambung,....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar